6 Khasiat Ikan Belanak Untuk Kesehatan

Khasiat Ikan Belanak mungkin sebagian orang sudah mengetahuinya. Hal ini diketahui dari beberapa kandungan gizi didalamya. Adapun Manfaat Ikan Belanak tersebut ialah baik untuk merehidrasi tubuh sehingga tidak kekurangan cairan, meningkatkan kecerdasan, penambah tenaga, dan juga masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya akan kami rangkum pada artikel kali ini. Jadi untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya jika anda membacanya sampai selesai. Berikut selengkapnya...!

6 Khasiat Ikan Belanak Untuk Kesehatan

Belanak (Nama latin atau ilmiah : Moolgarda Seheli Sinonim Valamugil Seheli) adalah sejenis ikan laut yang habitat hidupnya juga bisa ditemukan di perairan asin serta tawar. Ikan belanak banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis, dimana lingkungan tempat berkembang-biak biasanya di sungai-sungai (muara sungai) yang kebanyakan mempunyai kadar garam sedang (payau). Untuk penyebaran sangat mudah ditemukan diperairan Asia yang salah satunya ialah Malaysia, Philipina, India dan juga Indonesia.


Untuk ciri umum dan bentuknya, ikan belanak hampir menyerupai ikan bandeng, dimana sisik dan warnanya sama. Namun sisik sikan belanak lebih besar dan juga terdapat perbedaan pada bagian mulut yang lebih lebar. Ikan belanak bentuknya memanjang, gepeng dengan sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan 8 jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal dibanding bagian bawah, tentunya bentuk ini mempunyai kegunaan untuk mencari makan didasar lumpur. Ciri lain juga bisa dikenali dari bentuk giginya yang sangat kecil dan pada spesies atau jenis tertentu tidak ditemukan sama sekali adanya gigi.

Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi pada ikan belanak? Untuk menjawab pertanyaan ini, sungguh sangat sulit dan bahkan sampai muter-muter untuk mencari informasi. Namun pada beberapa sumber referensi, kami menemukan adanya daftar kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan belanak. Kandungan tersebut berupa : Air, protein, lemak, asam lemak, abu, dan karbohidrat.

Khasiat Ikan Belanak Untuk Kesehatan :
  1. Sebagai sumber tenaga karena terdapat gizi berupa karbohidrat, dimana nutrisi ini bisa memenuhi kebutuhan energi harian tubuh.
  2. Menjaga kesehatan kulit sehingga tidak mudah kering dan mengelupas. Baik juga untuk mempercepat penyembuhan luka.
  3. Menjaga kinerja otak dimana fungsi ini cukup baik untuk mencegah kepikukan dan menjaga daya ingat.
  4. Meningkatkan kecerdasan serta pola pikir (konsentrasi) yang sangat baik untuk kalangan anak dalam masa pertumbuhan.
  5. Menambah selera makan yang baik bagi anda yang dalam masa pemulihan pasca sakit.
  6. Meningkatkan sistem pencernaan yang diantaranya mencakup pencegahan sembelit, kesehatan usus, dll.
Namun yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi ikan belanak ini ialah duri yang terdapat pada dagingnya. Hampir sama dengan ikan bandeng, belanak juga mempunyai banyak duri halus yang tersembunyi dalam daging. Biasanya untuk resep yang paling sering digunakan ialah dengan car di pepes.


Demikianlah postingan singkat mengenai 6 Khasiat Ikan Belanak Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika artikel ini membantu. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel