18 Khasiat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Karet Kebo mungkin belum begitu sangat familiar bagi kalangan masyarakat. Sebab penggunaan daun obat ini hanya sebatas pada wilayah tertentu saja. Padahal jika dipelajari lebih detail, Manfaat Daun Karet Kebo sangat baik untuk kesehatan khususnya dalam mengobati berbagai penyakit seperti bisul, maag, penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja kandungan serta kegunaan daun karet kebo untuk obat, mungkin rangkuman singkat yang akan kami tulis dibawah ini bisa sedikit membantu. Mari kita baca sampai selesai!

18 Khasiat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan

Daun karet kebo merupakan salah satu jenis tanaman obat yang pengenalannya umum di daerah Jawa. Namun untuk daerah lain, tanaman ini dikenal dengan variasi nama berbeda sehingga mungkin saja juga tidak sama pada daerah tempat tinggal anda. Untuk ciri dan deskripsi singkat, daun karet kebo mempunyai ketinggian pohon hingga 30m lebih, ukuran batang cukup besar dan mempunyai banyak daun (rindang) sehingga sering juga dijadikan tanaman peneduh yang ditanam pada pekarangan. Tidak hanya di Indonesia saja, Pohon karet kebo juga sangat familiar di Daerah Eropa hingga China serta Negara Asia lain yang mempunyai iklim tropis. Untuk ciri lebih detail anda bisa mengecek lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.


Kenapa Daun Karet Kebo bisa dijadikan obat? Pertanyaan ini tentunya juga ada dalam benak anda. Sebab sedikit banyak dengan adanya manfaat, tentu tersimpan pula kandungan yang mendukung khasiat dari daun karet kebo tersebut. Dan jika dilansir dari beberapa sumber, daun karet kebo mempunyai kandungan senyawa alami berupa flavonoid, polifenol, saponin, dan tanin. Nah, dari kandungan tersebutlah diperoleh jutaan manfaat yang semuanya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh lebih maksimal.

Di India daun ini menjadi salah satu obat alternatif yang sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya untuk pencegahan dan memaksimalkan metabolisme tubuh, melainkan sifat farmakologi didalamnya cukup membantu dalam mengobati beberapa penyakit ringan maupun berat. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar manfaat yang bisa anda peroleh jika mengkonsumsi daun karet kebo dengan baik dan benar.

18 Khasiat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan

#1. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Sifat yang satu ini sangat cocok untuk mencegah atau bahkan mengatasi peradangan pada tubuh. Tidak hanya untuk bagian kulit (penyakit luar), namun juga ampuh untuk mengatasi pembengkakan pada organ dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, maka penyakit yang terkait bisa diatasi secara sempurna.

#2. Mempunyai Sifat Analgesik
Jika anda mempelajari banyak manfaat obat, tentunya anda sudah bisa paham dengan apa itu analgesik. Sifat obat yang satu ini bisa meredakan atau bahkan menghilangkan rasa nyeri yang timbul karna penyakit tertentu. Salah satu yang paling umum ialah sakit gigi, luka, dan lain sebagainya.

#3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Manfaat ini terkait dengan kesehatan organ yang dalam tidak terkecuali lambung, usus, dan lain sebagainya. Dengan lancarnya sistem pencernaan, maka metabolisme tubuh akan berjalan sebagaimana mestinya. Baik juga untuk mencegah sembelit, wasir, disentri dan lain sebagainya.

#4. Menjaga Kesehatan Kulit
Jika anda termasuk dalam individu yang peduli dengan penampilan, tentunya daun karet kebo bisa menjadi alternatif alami untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini kulit anda akan lebih halus, elastis, lembab, dan tercegah dari munculnya tanda-tanda penuaan dini.


#5. Melancarkan Siklus Haid
Bagi sebagian wanita mungkin haid merupakan masalah yang umum sering terjadi dan bahkan sering juga dikeluhkan. Datang bulan yang tidak pada waktunya, membuat para ladies merasa khawatir dan tidak sedikit juga yang mencoba beberapa ramuan herbal supaya menstruasi berjalan normal. Selain tidak sehat, haid yang tidak teratur menimbulkan rasa nyeri atau sakit ketika datang.

#6. Mengatasi Keputihan
Seperti halnya menstruasi, keputihan juga menjadi masalah umum yang sering terjadi pada kalangan wanita. Tidak hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman, melainkan keputihan juga menguragi rasa percaya diri dan terkadang terasa lengket ketika terlalu lama duduk. Untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan, daun karet kebo bisa anda coba selain alternatif lain yang sering anda gunakan.

#7. Melancarkan Sirkulasi Darah
Daun karet kebo mempunyai fungsi yang cukup unik karena bisa memaksimalkan peredaran darah dalam tubuh. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa daun karet kebo juga ikut andil dalam pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan meringankan kinerja jantung sehingga tubuh anda lebih sehat secara maksimal.

#8. Mempercepat Penuaan Bisul
Bisul bisa disebabkan oleh darah kotor atau bisa jadi karena faktor lain yang terjadi pada tubuh. Namun yang jelas, bisul yang tergolong penyakit kulit ini akan terasa menyiksa, menyakitkan atau bahkan bisa mengganggu aktifitas harian jika tumbuh pada area yang maksimal pergerakan. Umumnya bisul tumbuh pada daerah lutut, paha, dan lain sebagainya.

#9. Membersihkan Darah Kotor
Imbas dari darah kotor terbilang sangat signifikan bagi tubuh. Dan jika anda tahu, tidak sedikit jamu herbal yang menawarkan untuk pembersihan darah dalam tubuh. Entah itu yang diolah secara tradisional maupun modern. Daun karet kebo cocok untuk membersihkan darah secara herbal dan tanpa efek samping.

#10. Menyembuhkan Penyakit Stroke
Stroke merupakan gejala awal kelumpuhan. Siapapun bisa mengalami jika tidak menjaga kesehatan secara maksimal. Pada dasrnya anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin. Namun anda juga harus lebih waspada dengan mengkonsumsi beberapa jenis jamu yang tidak terkecuali terbuat dari daun karet kebo.

#11. Menghilangkan Gatal Pada Kulit
Dikarenakan terdapat sifat anti-inflamasi dan analgesik, daun dari karet kebo juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kulit khususnya gatal-gatal. Imbas gatal terkadang akan menimbulkan radang, kemerahan, luka dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa anda minimalisir dengan mengkonsumsi daun karet kebo.

#12. Menjaga Kesehatan Lambung
Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang paling sering mengalami masalah. Entah itu karena jenis makanan yang anda konsumsi atau karena anda menderita penyakit maag. Asam lambung yang tidak terkontrol menjadikan penyakit ini sering kambuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba ramuan herbal dari daun karet kebo.

#13. Meringankan Gejala Asma
Asma atau sesak nafas terjadi karena adanya alergi pada tubuh. Hal tersebut bisa dipicu dengan kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Daun karet kebo merupakan tanaman rindang yang lebat dengan daun, fungsi ini bisa anda maksimalkan untuk membersihkan udara yang ada pada lingkungan anda.

Selain dari 13 manfaat yang sudah kami jelaskan diatas, terdapat pula manfaat lain yang masih terkait dengan daun karet kebo. Beberapa diantaranya ialah untuk mencegah jerawat pada wajah, menjadikan wajah lebih berseri, awet muda, mengatasi sakit gigi, menjaga kesehatan jantung dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, mungkin anda bisa mencoba sendiri dan menjelaskan hasil yang nantinya anda peroleh.


Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami simpulkan tentang 18 Khasiat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit referensi serta menambah wawasan anda mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel