12 Khasiat Buah Carica Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Carica cukup membantu dalam menjaga metabolisme tubuh dan juga membuat stamina lebih terjaga. Jika dibahas secara sepintas, manfaat buah carica sangat membantu untuk melancarkan proses pencernaan, menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga berfungsi sebagai agen anti kanker bagi tubuh. Nah guna menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui, berikut kami sudah merangkum sedikit referensi bagi anda yang ingin tahu lebih detail terkait dengan fungsi dan kegunaan buah carica bagi tubuh.

12 Khasiat Buah Carica Untuk Kesehatan

Buah Carica pertama kali ditemukan di daratan Amerika. Namun di Indonesia, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan subur khususnya pada dataran tinggi khususnya daerah Dieng. Karena pertumbuhan atau habitat hanya di dataran tinggi, mungkin akan sangat sulit bagi anda untuk memperoleh manfaat dari buah ini. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa meski kaya akan manfaat, namun anda membutuhkan usaha khusus untuk memperoleh buah ini.


Buah Carica masih dalam keluarga pepaya. Dari segi bentuk dan ciri tanaman, tidak ada pembeda namun hanya pohon carica terlihat lebih pendek. Jika menurut yang kami telusuri, tanaman carica tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja. Melainkan juga pada bagian daun sebagai sayur, akar sebagai jamu dan bunganya bisa dijadikan lalapan dan minuman herbal.

Apa saja kandungan gizi dan senyawa alami pada buah carica? Seperti halnya buah pepaya, buah ini diperkaya dengan kandungan vitamin A, serat, Vitamin E, Vitamin B Kompleks, kalsium, enzim papain, vitamin C, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbeda dengan buah pepaya yang mempunyai rasa manis, carica identik lebih kecut (asam) dan bisa menyegarkan tubuh. Nah dari kandungan diatas lah yang menjadikan buah ini mempunyai jutaan manfaat.

12 Khasiat Buah Carica Untuk Kesehatan

#1. Menjadi Sumber Energi Alami
Buah carica diperkaya dengan kandungan vitamin B Kompleks yang juga berperan serta berpengaruh pada proses metabolisme pada tubuh. Dan hal ini sangat membantu dalam menopang kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh.

#2. Melancarkan Saluran Pencernaan
Manfaat ini didukung dengan tingginya kandungan serat pada buah carica. Kandungan ini pula yang memaksimalkan proses penyerapan sari makanan dan menjadikan tubuh tidak kekurangan gizi. Saluran pencernaan terkait ialah kesehatan lambung, usus, sistem pembuangan.

#3. Mencegah Sembelit Dan Wasir
Masih termasuk dalam saluran pencernaan, serat mempunyai fungsi cukup baik dalam mencegah kerasnya feses atau kotoran dalam tubuh. Dengan begitu BAB akan lebih lancar dan mampu mencegah wasir (ambeien) dan juga disentri. Serat yang cukup juga bisa mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

#4. Menjaga Kesehatan Mata
Carica termasuk salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin A. Dalam hal ini zat atau vitamin tersebut cukup baik dalam menjaga kesehatan mata sehingga mencegah terjadinya gangguan sistem penglihatan. Vitamin A yang cukup akan membuat pandangan lebih jernih dan mencegah terjadinya rabun dini.


#5. Mencegah Kelebihan Berat Badan
Karena lancarnya saluran pencernaan, tentu akan sangat mendukung dalam mencegah menumpuknya lemak dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh anda lebih langsing dan mencegah perut menjadi buncit. Jika pencernaan lancar, baik pula untuk mencegah mengerasnya feses (kotoran) dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

#6. Membantu Proses Penyerapan Protein
Salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh ialah protein. Zat ini berfungsi sebagai pembentuk otot, penopang kinerja otak, dan lain sebagainya. Buah carica cukup membantu dalam memaksimalkan penyerapan protein pada makanan yang anda konsumsi.

#7. Menguatkan Sistem Imun
Kandungan vitamin C pada buah carica berperan penting sebagai antioksidan alami yang mampu untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun pada tubuh. Dalam hal ini tubuh akan lebih kebal dan terhindar dari serangan penyakit.

#8. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Zat agrinin pada buah carica sangat membantu dalam mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Seperti halnya mencegah kanker usus, payud*ra, dan lain sebagainya.

#9. Menjaga Kesehatan Kulit
Bagi kalangan wanita pada khusunya, buah carica sangat cocok untuk menjaga kulit tetap halus. Sebab buah ini diperkaya dengan kandungan Vitamin C dan E yang fungsinya cukup baik dalam menangkal radikal bebas serta menghindarkan kulit dari kerusakan terutama oleh sinar UV matahari.

#10. Membunuh Bakteri Dalam Usus
Buah carica sangat baik untuk sistem pencernaan terutama pembersihan usus. Karena racun tidak menumpuk, maka usus akan bekerja lebih efektif dalam menyerap sari makanan. Selain itu, enzim papain yang terdapat pada buah ini juga mampu menetralkan pH dan membunuh bakteri jahat dalam usus.

#11. Mencegah Penuaan Dini
Masih berhubungan dengan kesehatan kulit, buah carica juga sangat cocok untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Dalam hal ini kulit akan terhindar dari kerutan (keriput) dan juga membuat kulit lebih halus, lembut, lembab dan bersinar.

#12. Mencegah Terjadinya Peradangan
Buah carica juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk mengatasi bengkak atau peradangan pada tubuh. Termasuk juga untuk mempercepat penyembuhan jerawat pada wajah.


Demikianlah sedikit rincian yang bisa kami tulis mengenai 12 Khasiat Buah Carica Untuk Kesehatan. Semoga bisa menjadi salah satu referensi untuk menambah wawasan bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel