Khasiat Tanaman Rotan Badak Untuk Kesehatan

Khasiat Rotan Badak kurang umum dikenal karena pemanfaatannya hanya dipakai untuk tanaman hias atau sekedar memperindah lingkungan saja. Padahal jika kita pelajari, ada banyak sekali kegunaan serta kebaikan yang tersimpan didalamnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi mengenai apa itu tanaman rotan badak serta manfaat rotan badak bagi kesehatan.

Khasiat Tanaman Rotan Badak Untuk Kesehatan

Rotan Badak (Nama Latin : Plectocomia elongata) dikenal juga dengan sebutan Bubuay adalah sejenis tumbuhan yang tergolong dalam suku palem-pelaman (palma). Klasifikasinya tidak beda jauh dengan yang lain yaitu dari kerajaan Plantae dan masih satu keluarga dengan Arecaceae. Penyebarannya boleh dibilang sangatlah luas khusus di Negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan lain-lainnya. Palma penghasil rotan ini juga mempunyai banyak sekali nama lokal (nama daerah) yang diantaranya disebut dengan Bubuay, hoe badak, penjalin warak, dan bubuway.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat  bentuk batang yang berukuran besar dengan ketinggian rata-rata 20 hingga 30m. Diameter batang berkisar 25-100mm. Daun memanjang hingga 7m yang diantaranya berupa tangkai dan pelepahnya. Bunga bongkol yang keluar dari ujung berwarna putih. Sedangkan buah ditutupi sisik warna cokelat buat berdiameter 1,5cm dan biji diameternya 1cm dengan warna cokelat dan sedikit berambut halus.

Nah apa saja manfaat rotan badak untuk kesehatan?
Jika dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa khasiat yang bisa dijadikan sebagai obat herbal. Salah satunya ialah pada bagian buah dan getahnya. Buah bisa dimakan dan getah dijadikan ramuan alami untuk menyembuhkan penyakit demam serta mempercepat penyembuhan luka.

Bagaimana cara menggunakan getah rotan badak untuk obat?
Untuk demam, getahnya bisa diminum atau digosokkan pada badan. Sedangkan untuk luka bisa memasak terlebih dahulu dengan menggunakan bumbung bambu.


Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Tanaman Rotan Badak Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan jangan lupa dishare ya..!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel