30+ Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Mengkudu mungkin sudah umum dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat khususnya kalangan pedesaan. Sebab tidak pada buahnya saja, mengkudu juga bisa digunakan daunnya sebagai ramuan tradisional yang mempunyai fungsi cukup baik untuk dunia kesehatan. Jadi sudah tidak heran jika mengkudu menjadi salah satu alternatif dalam pengobatan herbal yang didalamnya terkandung senyawa cukup lengkap sehingga cukup baik dalam menyembuhkan dan mengatasi berbagai jenis penyakit berat maupun ringan. Apa saja Manfaat Buah Mengkudu Untuk Tubuh? Yuk langsung saja simak rangkuman singkat berikut!

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengkudu mempunyai nama latin Morinda Citrifolia dan berbagai panggilan berbeda pada setiap wilayahnya. Salah satu diantaranya dikenal dengan sebutan koddhu', tibah, cangkudu, pace, dan lain sebagainya. Pada postingan sebelumnya, kami sudah membahas seputar 12 Khasiat Daun Mengkudu untuk kesehatan, namun agar lebih lengkap, maka tidak ada salahnya jika pada kesempatan ini, kami mengambil topik serupa namun lebih tergolong dalam kategori lebih terperinci. Kenapa demikian? sebab jika dipelajari lebih lanjut, buah dari mengkudu kandungannya tidak kalah dengan daun yang lebih umum digunakan sebagai jamu. Entah itu dari segi mineral, vitamin, atau senyawa lain yang tersimpan didalamnya. Jadi yuk lanjut saja membacanya!


Jika pada daunnya saja terkandung vitamin A, Asam Amino, Sulfur, Vitamin B Kompleks, fosfor, kalsium, kalium dan vitamin C. Pada buahnya juga mempunyai nutrisi serta senyawa lebih lengkap. Apa saja sih kandungan pada buah mengkudu? Berikut ulasannya!

Mengkudu mempunyai kandungan berupa Serat, mineral, terpenoid, selenium, protein, metil, aetil, morindone, Sterois, Alizarin, Lycine, Caprylic acid, Sosium, Proxeronine, Antra quinines, Trace elemens, Phenylalanine, Magnesium, vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, karbohidrat, dan masih banyak lagi zat aktif lainnya yang mungkin tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menjaga daya tahan serta sistem imun tubuh terhadap serangan penyakit dan radikal bebas.
  2. Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel tumor serta kanker dalam tubuh. Terkait dengan tumor prostat, kanker kardiovaskular, dll.
  3. Meregenasi atau memperbarui sel-sel tubuh yang rusak akibat kinerja atau gaya hidup yang kurang sehat.
  4. Menjaga kinerja otak dan juga mencegah kepikunan dini. Terkait juga dengan pencegahan penuaan dini.
  5. Meningkatkan kecerdasan dan menguatkan daya ingat khususnya bagi kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan (tahap belajar).
  6. Bersifat anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri merugikan. Sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi dan meminimalisir terjadinya infeksi pada luka, dll.
  7. Menormalkan tekanan darah yang cukup baik untuk mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi). Jadi imbas lainnya juga berdampak pada kinerja jantung yang akan berjalan normal.
  8. Melancarkan dan mengatasi segala gangguan sistem pencernaan. Sehingga saluran pencernaan lebih sehat dan tidak terjadi yang namanya sembelit, kembung, radang usus, dll.
  9. Terkait dengan radang, mengkudu mempunyai sifat kuat yaitu sebagai Anti-inflamasi yang berguna mengurangi dan menyembuhkan radang.
  10. Meringankan gejala asam urat serta mengurangi nyeri pada persendian.
  11. Menjaga kesehatan kulit dan meminimalisir tumbuhnya jamur kulit. Manfaat yang didapat ialah kulit tetap terjaga kesehatan serta kelembapannya.
  12. Mengurangi kandungan atau kadar kolesterol jahat dalam darah.
  13. Mengatasi gejala ambeien, disentri ataupun diare.
  14. Mencegah dan mengobati penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  15. Meringankan gejala batuk dan penyakit terkait dengan sistem pernafasan seperti sakit tenggorokan dan sesak nafas.
  16. Obat herbal untuk meringankan penyakit gondongan (gondok).
  17. Mengontrol kadar gula darah tinggi, baik juga untuk penderita diabetes (kencing manis).
  18. Menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  19. Mempercepat penyembuhan luka atau borok pada kulit.
  20. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Diambil kesimpulan bahwa mengkudu bisa mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
  21. Menurunkan demam (antipiretik).
Manfaat Buah Mengkudu secara umum (universal).
  • Meningkatkan dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang. Bagaimana carnya? Dengan mengkonsumsi jus yang didalamnya tercampur buah mengkudu, maka kemungkinan dalam 21 hari kinerja tubuh akan kembali normal. Baik juga dikonsumsi oleh orang pasca sakit atau dalam tahap pemulihan total.
  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Dan Tumor. Cara pengaplikasiannya sangatlah mudah. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi sekitar 6 hingga 8gr mengkudu perhari maka mampu mengurangi rasa sakit pada penderita kanker.
  • Menormalkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Cara menggunakan cukuplah dengan mengkonsumsi 4 ons buah mengkudu segar setiap harinya. Dengan begitu hasil yang didapat akan dirasakan sekitar sebulan sesudahnya.
  • Mengatasi Gangguan Pendengaran. Pada umumnya bagi orang yang sudah bertambah usianya, mungkin saja terjadi gangguan pada telinga atau sistem pendengaran. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan dari mengkudu secara rutin setiap harinya. Minum jus mengkudu dengan takaran 4ons perhari, maka dalam 3 bulan pendengaran akan pulih. Syarat ini biasanya terjadi pada kalangan wanita.
  • Mengurangi Rasa Mual dan keinginan muntah. Biasanya hal ini dimaksimalkan pada kalangan wanita yang melalui proses operasi yang pada umumnya mengalami mual pasca operasi tersebut.
Namun selain beberapa khasiat yang sudah kami sebutkan diatas. Ada juga sebagian masyarakat yang percaya bahwa mengkudu ampuh untuk mengatasi pilek (flu), sakit kepala (pusing), diabetes (kencing manis), kolesterol, tekanan darah tinggi (Hipertensi), rematik, alergi, infeksi, peradangan (Anti-Inflamasi), penyakit jantung, psoriasis, HIV, batuk, sakit perut, diabetes, konstipasi, maag, masalah pada organ hati, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan ginjal, katarak (mata), asma (Sesak nafas), depresi (Stres), mengurangi tanda-tanda penuaan dan kanker.

Seiring berkembangnya zaman yang sudah serba canggih, sekarang ekstrak mengkudu sudah mudah sekali didapat. entah itu berupa kapsul, pil, bubuk (serbuk), minuman kaleng (kemasan), kosmetik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun perlu diingat bahwa apa saja yang sudah melalui proses produksi, pastinya sudah terkandung zat kimia seperti pengawet, dll.

Sedikit himbauan !!!
Adakalanya semua manfaat pasti juga ada efek samping yang mungkin saja terjadi. Jadi untuk beberapa orang yang mengalami kasus (penyakit) seperti dibawah ini, alangkah baiknya berjaga-jaga atau bahkan menghindari untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu. Adapun kriteria tersebut diantaranya :
  1. Mempunyai masalah atau gangguan yang terkait dengan organ hati.
  2. Kaum ibu yang sedang hamil atau juga menyusui.
  3. Berdampak pada rasa mual, sulit nafas, kelelahan, dan mempunyai riwayat penyakit ginjal. Hal ini karena mengkudu mempunyai kandungan potassium tinggi sehingga mungkin saja gejala yang disebutkan akan timbul.

==> Jangan Lupa Baca Juga : 50+ Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel