11 Khasiat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bunga Mawar memang sudah umum digunakan untuk perawatan wajah khususnya dalam menghilangkan jerawat. Namun selain itu, Manfaat Bunga Mawar ini juga baik untuk memerahkan bibir dan juga mengatasi berbagai jenis penyakit. Fungsinya sebagai obat menjadikan bunga yang juga sering dipakai untuk lambang cinta ini sangat familiar dan umum dikonsumsi sebagai ramuan herbal yang kaya akan kegunaan. Oleh karena itu, untuk sekedar manambah wawasan seputar tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, pada postingan kali ini kami akn memberikan sedikit referensi terkait dengan apa manfaat dan khasiat bunga mawar bagi kecantikan dan juga kesehatan.

11 Khasiat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga Mawar (Nama Latin atau ilmiah : Rosa L. ) adalah sejenis bunga yang tergolong dalam keluarga semak. Bunga ini terbagi dalam 1000 spesies lebih dimana yang paling umum dikenal ialah mawar merah karena bentuk dan warnanya sangat menarik. Namu selain itu juga terdapat jenis bunga mawar merah, hitam, putih, ungu, jingga, orange, dan juga pink (merah muda). Kebanyakan dari jenis mawar mempunyai duri yang menjadi pelindung tanaman dan sebagai pertahanan terhadap habitat hidupnya.


Ciri dan deskripsi bunga mawar bisa dikenali pada bunga yang terdapat kelopak dan terbentuk bulat (bundar). Warna bisa sangat variasi, tergantung dengan jenis dan habitat hidup. Namun kebanyakan daunnya berwarna hijau dengan gerigi pada bagian pinggir daun, serta duri yang terletak pada batang dan tangkai. Batang disini berbentuk semak, bergerombol dan juga merambat pada media disekitarnya. Pada bunga, awalnya seperti buah yang kemudian mekar (merekah).

Bunga mawar memang sudah sangat umum dijadikan beberapa bahan produksi seperti parfum. Hal ini karena aroma bunga yang harum menjadikan air bunga mawar (ekstrak) sangat sering dipakai untuk terapi kecantikan. Nah, yang jadi pertanyaan disni adalah : Apa saja Manfaat Bunga Mawar? Berikut rincian singkat yang mungkin saja bisa membantu!

11 Khasiat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Melancarkan dan menguatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini karena air mawar berfungsi sebagai pembersih dan mengeluarkan limbah atau kotoran yang melengket pada usus (usus kecil dan usus besar) dan sistem pencernaan lainnya.
  2. Menjaga Kesehatan mata terutama dari gangguan atau iritasi yang disebabkan oleh polusi dan kotoran. Bisa juga untuk mengatasi mata merah serta berbagai masalah lain yang masih terkait. Adapun cara menggunakannya ialah dengan meneteskan air bunga mawar pada mata dan diamkan sejenak.
  3. Mengobati batuk kering yang sangat baik juga untuk melegakan tenggorokan. Yang perlu disiapkan ialah kuntum bunga mawar yang sudah kering dan sedikit gula batu. Rebus kedua bahan hingga larut dan air berubah warna. Selanjutnya bisa diminum secara rutin hingga sembuh.
  4. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang ampuh untuk mengatasi radang atau bengkak pada kaki. Cara menggunakan ialah dengan menyiapkan 1 tangkai bunga mawar dan 40gr daun sembung. Rebus kedua bahan dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya (1 gelas). Minum setiap hari secara rutin hingga bengkak hilang.
  5. Menjaga kesehatan kulit dimana air mawar ini sangat bagus untuk mengontrol pH kulit dan memberikan kesan beda pada saat anda menggunakannya. Manfaat ini sekaligus menjadikan anda lebih harum alami. Cara menggunakan ialah dengan menyiapkan air mawar dan usapkan pada seluruh bagian tubuh secara merata.
  6. Menghilangkan jerawat pada wajah karena air mawar berkemampuan untuk mengurangi minyak dan kotoran yang menempel pada muka. Cara penerapan yaitu dengan mencampurkan sedikit air mawar dengan air hangat kemudian dibasuhkan pada seluruh bagian wajah secara merata.
  7. Melancarkan sirkulasi darah dimana khasiat ini juga berpengaruh dalam pencegahan hipertensi. Cara penerapan yaitu dengan mengkonsumsi sedikit air bunga mawar yang dicampur dengan air hangat.
  8. Mengatasi nyeri pada saat haid. Manfaat lain juga berkhasiat untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Umumnya untuk menggunakan ialah dengan cara menyiapkan sekitar 15gr bunga mawar, 90 gr lidah buaya dan 15gr daun dewa. Pengolahan yaitu dengen merebus semua bahan dengan 600cc air hingga tersisa 300cc. Bagi menjadi 2 dan diminum 2x sehari secara rutin.
  9. Menyehatkan dan menguatkan rambut agar tidak mudah patah dan rontok. Cara penggunaan cukup dengan mencampukan air mawar pada shampo ketika sedang keramas.
  10. Menghilangkan bau dan membunuh bakteri pada mulut. Cara pemakaian yaitu dengan menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar dan direndam bersamaan dengan gula batu. Diamkan hingga semalam dan minum dipagi harinya hingga habis.
  11. Bersifat menenangkan dan merelaksasi tubuh. Manfaat ini menghindarkan kita dari stres, depresi serta pikiran berat. Cara menggunakan yaitu dengan menyiapkan kelopak bunda dan rendam dalam bak mandi atau air yang akan kita pakai untuk mandi. Selanjutnya kita bisa berendam sejenak pada bak mandi tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi cara dan tips yang bisa kita gunakan. Tapi kami rasa semua sama tergantung dengan kebutuhan masing-masing orang. Bagaimana? Apa masih kurang? Yuk berkomentar dibawah jika anda punya pertanyaan atau ingin menambahkan Manfaat lain dari bunga mawar tersebut.


Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel