30 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Afrika ini sudah terbukti dan banyak yang memberikan testimoni bahwa kegunaannya cukup baik dalam menjaga dan merawat kesehatan ataupun kecantikan secara maksimal. Sebab tidak sedikit juga yang membuktikan fungsi dari daun afrika ini. Jika dikutip secara singkat, manfaat daun afrika berguna untuk menyembuhkan sakit kepala, mengatasi hipertensi, mengeluarkan angin dalam lambung, diabetes, insomnia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran akan dampak jamu daun afrika yang diperoleh untuk kesehatan. Maka pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan kata yang sudah tertera pada judul diatas.

Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun Afrika adalah suatu tanama herbal yang asal muasalnya sudah bisa anda ketahui dengan membaca namanya saja. Ya,, tumbuhan ini mempunyai tempat asal dari Afrika Selatan dan kemudian penyebarannya cukup luas pada Negara-negara tropis lainnya seperti Malaysia, Indonesia, dan Australia. Daun ini terbilang cukup unik, sebab tidak semua orang tahu bahwa ternyata daun ini mempunyai sifat farmakologi sehingga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pengobatan herbal.

==> Yuk Lihat Juga : 4 Khasiat Akar Alpukat Bagi Kesehatan

Nah untuk ciri dan deskripsi, anda mungkin sudah bisa mengenalinya secara langsung dengan melihat cuplikan gambar yang sudah kami sediakan diatas. Namun sebagai penjabaran, daun ini hampir menyerupai daun tembakau karena ukurannya cukup lebar tapi teksturnya saja yang cukup berbeda. Daun afrika mempunyai bentuk lebih halus, lebih kaku, dan lebih kuat dibanding dengan tembakau, sedangkan untuk batang ialah berbentuk lurus dan dibalut dengan sedikit bulu halus namun ketinggian batangnya tidak bisa cukup tinggi. Umumnya tanaman ini mencapai tinggi hkurang lebih 3m.

Yang menjadi topik serta pertanyaan dalam postingan ini adalah : Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada daun afrika? Apa saja manfaat daun afrika bagi kesehatan? Dan Bagaimana cara mengolah daun afrika menjadi obat? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan anda tersebut, kami sudah menyediakan beberapa jawaban yang siapa tahu bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Yuk langsung saja simak sama-sama.

Pertanyaan pertama mengenai kandungan, kami mengutip dari beberpa sumber dan ternyata daun afrika ini diperkaya oleh senyawa alami yang memang ikut membantu dalam menjaga kesehatan anda secara maksimal. Manfaat daun afrika tergolong bisa menyembuhkan penyakit ringan atau berat. Nah senyawa tersebut diantaranya berupa Asam Essensial, Asam Lemak, Asam Fenolat, Vernolide, dan Vernodalol. Tidak hanya itu saja, daun afrika juga mempunyai kandungan mineral serta vitamin yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Pertanyaan kedua mengenai manfaat, banyak dari pakar herbal yang menjadikan daun afrika ini sebagai salah sat alternatif obat alami yang fungsinya ialah sebagai anti-diabetes, anti-inflamasi, antioksidan, dan mungkin masih banyak lagi anti-anti yang lain yang perlu anda ketahui. Nah, bagi anda yang penasaran, mari kita lihat langsung saja keterangan berikut!

30 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Daun afrika diperkaya antioksidan yang kemampuannya bisa menangkal radikal bebas dan juga menjaga sistem imun tetap terjaga. Dengan fungsi ini saja tubuh anda sudah kebal terhadap serangan penyakit karena selain menangkal virus ataupun kuman, daun afrika bisa menjaga tubuh terhindar dari yang namanya sakit. Bagi anda yang mempunyai kondisi tubuh lemah dan mudah sakit, mungkin daun afrika sangat cocok untuk anda konsumsi.

#2. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Dalam Darah
Seperti yang anda ketahui, kolesterol merupakan jenis lemak yang terdapat pada saluran darah. Nah, jika kandungan kolesterol jahat dalam darah tersebut melebihi kapasitas, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi pemicu suatu penyakit seperti stroke, kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Anda patutnya harus menjaga pola hidup sehat dari gemar olahraga, mengkonsumsi makanan sehat serta menggunakan obat alternatif dari daun afrika sebagai perawatan.

#3. Menyembuhkan Gejala Batuk
Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah serta sudah melalui uji klinis bahwa daun afrika dipercaya bisa menyembuhkan batuk secara alami. Anda sudah pernah mengalami bahwa batuk akan sangat menganggu aktifitas, apalagi biasanya akan tambah parah dikala anda hendak tidur dimalam hari. Bagaimana cara meringankan batuk, ada banyak sekali jenis obat herbal yang anda gunakan. Salah satunya ialah jahe, sereh dan juga daun afrika ini.

#4. Meringankan Gejala Panas Dalam
Tidak menutup kemungkinan bahwa semua orang pasti sudah pernah merasakan apa itu panas dalam. Gejala umum yang sering ditimbulkan ialah Sembelit, sakit tenggorokan, sariawan, dan lain sebagainya. Sebagai alternatif alami guna meringankan panas dalam anda, mungkin daun afrika bisa anda gunakan untuk menyembuhkan.

#5. Mengobati Hipertensi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh siapa saja. Jika hal ini dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan akan memicu munculnya jenis penyakit lain seperti stroke atau gangguan lain terkait dengan sirkulasi darah. Nah, disini daun afrika mempunyai fungsi yang cukup baik dalam menormalkan aliran darah sehingga anda terhindar dari yang namanya hipertensi.

#6. Mengatasi Sembelit
Anda mempunyai masalah konstipasi (susah BAB)? Hal ini mungkin karena anda kurang memperhatikan pola makan anda. Untuk sekedar pencegahan, anda bisa memperbanyak konsumsi air putih, makan buah dan sayur yang kaya akan serat, serta mengkonsumsi ramuan yang ikut andil dalam mengatasi sembelit. Masalah ini menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mungkin juga akan menimbulkan jenis penyakit lain seperti wasir. Jadi, daun afrika akan sangat membantu jika digunakan secara tepat.

#7. Mengurangi Kesemutan
Gejala ini karena tidak lancarnya aliran darah pada organ tubuh tertentu. Sering terjadi ketika anda salah saat duduk, atau berdiam diri terlalu lama. Kesemuatan menjadikan seseorang kehilangan daya untuk mengontrol organ yang dimaksud sehingga terkadang menimbulkan kaki menjadi lemah serta menunggu waktu dan membiarkan agar kembali pada posisi semula. Nah, jika anda sering mengalami kesemutan, mungkin daun afrika akan sangat membantu meringankan gangguan kesehatan tersebut.

#8. Mengobati Sakit Tenggorokan
Dalam hal ini tengggorokan terkadang mengalami gangguan karena adanya infeksi. Dikarenakan daun afrika cukup baik dalam mengatasi infeksi, jadi manfaat ini akan sangat membantu anda dalam mengobati infeksi tersebut. Konsumsi daun afrika secara rutin, maka masalah tenggorokan anda akan segera teratasi.

#9. Mengobati Sakit Kepala
Entah karena manfaat daun afrika yang terlalu lengkap, atau juga karena kandunganya didalamnya yang baik bagi kesehatan. Daun ini sudah teruji dan sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala. Keluhan ini sering terjadi pada orang yang mengalami banyak aktifitas harian sehingga menuntut berpikir keras dan memaksimalkan kinerja otak. Terkait pula dalam pencegahan migran, pusing dan lain sebagainya.

#10.Bersifat Diuretik
Sifat ini akan sangat membantu bagi anda yang sedang mengalami gangguan saluran kemih. Ada kaitannya dengan sifat anti-infeksi, maka daun afrika juga mempunyai peranan dalam pencegahan ISK (Infeksi Saluran Kemih) dan masalah lain yang masih terkait. Ramuan dari daun ini akan menjadikan saluran kencing anda lebih lancar serta mengatasi berbagai keluhan yang masih ada hubungannya dengan masalah yang dimaksud.

#11. Mengatasi Perut Kembung
Kembung atau kelebihan gas pada lambung ialah karena pola makan (mengkonsumsi jenis makanan yang bisa memproduksi gas. Masalah ini menimbulkan perasaan tidak nyaman dan terkadang juga akan menyebabkan sakit perut, usus sering berbunyi, dan lain sebagainya. Nah jika dibiarkan, mungkin anda akan mengalami gangguan sistem pencernaan seperti diare, sering buang gas, serta masalah lain yang masih terkait.

#12. Mencegah Diabetes
Fungsi daun afrika sangat baik dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Jika gula darah anda tinggi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan menderita beberapa jenis penyakit kronis yang salah satunya ialah diabetes. Maka dari itu, anda harus menjaga kandungan gula dalam darah dan selalu melakukan check up agar anda mengetahui seberapa besar kadar gula darah anda.

#13. Membersihkan Racun Dalam Tubuh
Daun Afrika mempunyai sifat anti-toksin yang kegunaannya ialah membersihkan racun dalam tubuh. Seiring dengan maksimalnya fungsi hati, maka semua racun yang bisa mengganggu kesehatan akan dibersihkan. anti-toksin inilah yang juga ikut andil dalam melakukan pencegahan bagi beberapa jenis penyakit seperti gangguan pencernaan, kanker dan lain sebgainya.

==> Simak Juga : 17 Khasiat Daun Benalu Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

#14. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Sebenarnya hal ini ada kaitannya dengan sembelit yang juga termasuk dalam salah satu organ pencernaan. Namun hal tersebut merupakan gejalanya saja. Dikarenakan daun afrika sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan, maka semua fungsi pada usus, lambung, dan lainnya akan tetap terjaga serta berjalan normal sebagaimana mestinya.

#15. Menormalkan Kinerja Paru-Paru
Paru-paru merupakan organ penting tubuh yang mengatur keluarnya masuk oksigen pada tubuh. Jika kesehatan organ ini terganggu, maka bisa memicu jenis gangguan lain seperti asma (sesak nafas), bronkitis, dan lain sebagainya. Nah, daun afrika bisa mengatasi ini dan bisa dijadikan alternatif yang aman untuk anda konsumsi.

#16. Mengurangi Insomnia
Meski terbilang bukan jenis penyakit, namun kebiasaan buruk menunda tidur akan menyebabkan insomia bagi anda. Karena kebiasaan tersebut, maka anda tidak bisa hidup normal dan kadang akan sangat sulit untuk memejamkan mata dimalam hari. Tips sederhana yang bisa anda lakukan mungkin dengan tidak tidur dan memaksimalkan aktifitas disiang hari. Namun hal tersebut juga perlu dukungan dengan bantuan obat yang salah satunya ialah ramuan herbal dari daun afrika. Tips lain ialah jangan sering begadang karena sangat tidak sehat bagi tubuh.

#17. Mencegah Penyakit Stroke
Stroke merupakan efek dari kinerja jantung yang terganggu. Dalam hal ini bisa jadi karena gangguan sistem syaraf dan juga hal lain yang menghilangkan daya seseorang untuk mengontrol organ tubuh sehingga akan sangat sulit digerakkan. Kandungan dalam daun afrika bisa mengatasi masalah ini dan menormalkan kembali seluruh metabolisme tubuh.

#18.Bersifat Anti-inflamasi
Mungkin anda tidak paham akan inflamasi, gejala ini sama dengan radang atau pembengkakan pada organ tertentu. Dan fungsi daun afrika terbukti bisa mengatasi jenis radang khususnya bengkak pada sistem persendian. Konsumsi jamu dari daun afrika maka anda akan terhindar dari keluhan penyakit sendi.

#19. Mengobati Malaria
Orang banyak yang paham bahwa malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis tertentu. Gejala umum mungkin terjadi bintik merah pada kulit dan juga terjadinya demam yang tidak kunjung turun. Dengan meminum rebusan daun afrika, maka malaria bisa dicegah serta mungkin bisa meringankan semua gejala yang ditimbulkan.

#20. Melawan Radikal Bebas Dan Virus
Hal ini karena adanya antioksidan yang menjadikan tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Yang dimakud disini daun afrika bisa mencegah penyakit Aids (HIV) yang sampai ini masih belum ditemukan secara pasti obat untuk menyembuhkan. Ada pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Nah, sebelum anda terjangkit jenis penyakit mematikan dan berbahay tersebut, mungkin daun afrika bisa menjadi solusi bagi anda.

#21.Bersifat Anti-Kanker
Daun afrika mempunyai kandungan senyawa yang lengkap seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Salah satunya ialah berguna untuk mencegah adanya jenis kanker atau tumor menjalar dalam tubuh. Khususnya bagi kanker yang menyerang organ penting seperti paru-paru, hati dan lain sebagainya.

#22. Menurunkan Demam Tinggi
Daun afrika mempunyai sifat anti-piretik yang mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Demam bisa terjadi pada siapa saja yang sistem imunnya sedang down (menurun). Nah, guna menjaga daya tahan, daun afrika bisa mengobati jenis penyakit dan ampuh untuk menormalkan suhu tubuh yang mengalami demam.

#23. Melancarkan Sistem Pernafasan
Sistem pernafasan merupakan beberapa organ penting yang perlu anda jaga. Hal ini terkait dengan pencegahan penyakit nasofaring, asma (sesak nafas) dan lain sebagainya. Nah, jika anda mengalami penyakit asma, mungkin obat terdekat yang bisa anda maksimalkan ialah daun afrika.

#24. Menyembuhkan Rematik
Rematik merupakan penyakit yang adanya hubungannya dengan persendian. Terapi yang bisa anda lakukan mungkin dengan memberbanyak gerak atau juga berjalan diatas kerikil. Namun usaha tersebut tidak akan maksimal jika tidak anda barengi dengan jenis pengobatan. Sebagai alternatif, daun afrika solusi terbaik yang bisa anda optimalkan.

#25. Meringankan Gejala Pegal dan Menghilangkan Capek
Tidak sedikit dari kalangan orang yang mencari ramuan herbal untuk menghilangkan dan mengmbalikan stamina tubuh yang hilang. Capek bisa jadi karena otot yang tegang atau tidak normalnya aliran darah dalam tubuh. Karena daun afrika terbukti bisa melancarkan saluran darah, maka tubuh anda akan lebih sehat serta menguragi perasaan malas karena capek yang sedang anda alami.

#26. Membuat Tubuh Lebih Rileks
Daun afrika bisa memberikan sifat relaksasi sehingga mungkin anda akan terhindar dari stres ataupun pikiran berat. Jika pikiran dan tubuh anda bisa rileks (santai), maka semua gangguan kesehatan mungkin akan bisa diminimalisir. Salah satu ialah mood (perasaan), dan masalah lain yang masih terkait.

#27. Menurunkan Berat Badan
Hal ini bisa anda kutip dari lancarnya sistem pencernaan. Jika semua normal, maka penyerapan sari makanan akan lebih cepat serta bisa mencegah adanya penumpukan racun dalam tubuh. Manfaat ini akan sangat membantu bagi anda kalangan wanita yang ingin menjaga berat badan tetap stabil, tetap langsing dan terhindar dari yang namanya obesitas.

#28. Mencegah Ambeien (Wasir)
Penyakit ini bisa terjadi karena tubuh kekurang serat atau tidak lancarnya saluran cerna pada tubuh. Konstipasi (Feses Mengeras) bisa jadi salah satu penyebab dari munculnya wasir. Bagaimana cara mencegahnya? Alternatif ialah dengan memperbanyak konsumsi serat (sayur dan buah) serta perbaiki pula konsumsi jenis makanan yang lebih sehat untuk tubuh. Salah satunya vitamin C selaku antioksidan alami yang bisa mencegah berbagai jenis penyakit.

#29. Mengobati Disentri
Masih terkait dengan sistem pencernaan, disenrti merupakan jenis penyakit yang umum ada beriringan dengan ambeien yang anda derita. Disentri merupakan gejala feses atau BAB yang bercampur lendir ataupun nanah. Seiring dengan baiknya daun afrika bagi sistem pencernaan, maka disentri bisa anda cegah dan berangsur pulih dengan cepat.

#30. Membersihkan Jerawat Pada Wajah
Daun afrika sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit khususnya wajah. Produksi minyak lebih terkontrol serta membuat wajah anda bersih dari gangguan jerawat. Bagi anda yang ingin mempunyai wajah lebih cantik dan bersih, mungkin daun afrika bisa anda gunakan untuk perawatan dari dalam.

Selain ada begitu banyak manfaat dari daun afrika, tersimpan pula beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi pada anda. Namun hal ini tidak berlaku pada semua orang, sebab dampak yang ditimbulkan juga tidak sifat bahaya bagi tubuh. Asal anda mengkonsumsi dengan baik serta komposisi yang tidak berlebihan, maka mungkin efek samping ini bisa anda hindari. Apa saja dampak buruk tersebut?
  1. Daun afrika mempunyai rasa yang sangat pahit. Mungkin bagi sebagian orang hal ini menjadi suatu masalah yang tidak dapat dihindari. Rasa pahit tersebut bisa menimbulkan mual dan muntah-muntah.
  2. Menimbulkan Gatal pada kulit. Hal ini merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh karena ada jenis minuman asing yang masuk dalam tubuh. Hal ini lazim dan anda tidak perlu mengkhawatirkan itu.
  3. Mengakibatkan pembengkakan pada kaki dan tangan. Hal ini terjadi bila anda mengkonsumsi daun afrika dalam porsi atau jumlah yang terlalu banyak.

Bagaimana cara megkonsumsi dan membuat jamu dari daun afrika supaya tidak terkena efek samping? Hal ini juga terkait dengan pertanyaan nomer 3 yang sudah kami jawab satu persatu diatas. Resep sederhana dalam mengolah daun afrika diantaranya :
  • Sediakan 3 hingga 5 lembar daun afrika yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih.
  • Seduh bersama 3 gelas air dengan menggunaan panci hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja (bisa anda kira-kira sendiri).
  • Tuangkan dalam gelas hingga hangat (bisa ditambah garam dan madu).
  • Dan minum ramuan ini 1x sehari hingga efek penyakit anda hilang.
Cara diatas merupakan pengolahan yang sangat sederhana, namun ada pula cara yang lebih sedehana yang bisa anda lakukan. Pertama siapkan 1 lembar daun afrika yang masih segar (cuci sampai bersih), taruh dalam gelas kemudian disiram dengan air mendidih. Tunggu hingga air berubah warna dan minum selagi hangat.

==> Baca Juga : 12 Khasiat Empedu Ular Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah ulasan yang bisa kami berikan mengenai 30 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa jadi referensi yang memberikan manfat bagi semua orang. Jangan lupa konsultasi juga dengan pakar hebal dilingkungan anda sebelum meminum jamu ini. Bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak jamu ini bisa anda minum dalam sehari.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel