16 Khasiat Ikan Bawal Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Ikan Bawal dipercaya cukup baik untuk ibu hamil (bumil), anak, bayi, dan balita. Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan didapat karena begitu banyak kandungan gizi didalamnya. Sehingga menjadikan ikan ini cukup familiar dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai salah satu alternatif bahan pangan dalam kehidupan sehari-hari. Memang ikan bawal tidak seterkenal ikan lele, gabus, kakap, dan juga jenis ikan lainnya. Namun jika dilihat dari segi nutrisi, ikan bawal tidak kalah dan mungkin mempunya beberapa kelebihan dibanding ikan lainnya.

16 Khasiat Ikan Bawal Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bawal ( Nama Latin atau ilmiah : Brama, Eumegistus, dll.) adalah sejenis ikan air tawar yang belakangan ini banyak dibudidayakan guna memebuhi kebutuhan konsumen. Umumnya ikan ini berwarna hitam kerahan, namun juga ada yang berwarna putih. Di Jepang, ikan bawal cukup terkenal dan dilakukan banyak penelitian dimana untuk mengetahui secara jelas apa saja kandungan nutrisi didalamnya. Penasaran? Yuk simak rincian berikut!


Ikan Bawal mempunyai Nutrisi yang tidak kalah dengan jenis ikan laut atau ikan air tawar lainnya. Beberapa nilai gizi tersebut diantaranya berupa energi (kalori), protein, kalsium, fosfor, lemak, zat besi, kolesterol, Vitamin A, B1, Dan Vitamin C. Dimana semua kandungan tersebut mendukung beberapa kinerja organ tubuh manusia sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan selalu bugar.

Khasiat Ikan Bawal Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dimana fungsi ini cukup baik untuk mencegah gagal jantung serta gangguan lainnya.
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah karena ikan bawal mengandung lemak baik yang menjaga tubuh tetap sehat.
  3. Mencegah terjadinya stroke yang dimana kegunaan ini karena didukung oleh omega 3 yang meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi radang pada sistem syaraf.
  4. Baik untuk pertubuhan otak dan perkembangan bayi atau janin dalam kandungan.
  5. Mencegah Anemia (tubuh kekurangan sel darah merah) serta mencegah beberapa gejala yang disebabkan yaitu pusing, lemah, letih, lesu,dll.
  6. Membantu menjaga pertumbuhan tulang dan juga gigi.
  7. Mencegah pengeroposan (osteoprosis) serta menjaga kekuatan tulang dan juga gigi.
  8. Mencegah penuaan dini seperti menyamarkan garis (keriput) pada wajah serta mencegah kulit menjadi kering.
  9. Sebagai antioksidan yang menjaga daya tahan tubuh terhadap beberapa serangan penyakit.
  10. Mencegah tubuh terjangkit sel tumor atau kanker.
  11. Mengurangi terjadinya depresi, stres atau pikiran berat. Karena ikan bawal bersifat menenangkan.
  12. Meningkatkan kejernihan pandangan (daya lihat indra mata).
  13. Menjaga perkembangan sel syaraf dan juga otot (khususnya bagi anak dalam masa pertumbuhan).
  14. Meningkatkan keserdasan anak, pola pikir, konsentrasi dan daya ingat.
  15. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah sehingga ikut membantu dalam mencegah hipertensi.
  16. Baik untuk diet yang baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat ini juga terkait dengan pencegahan obesitas (kelebihan berat badan) khususnya bagi kalangan wanita yang ingin tampil langsing.

Ikan bawal sekarang sudah banyak dikenal dan dibudidayakan. Untuk resep pengolahan tergantung dengan selera masing-masing. Namun yang paling familiar ialah dengan cara digoreng, pepes (kukus) dan juga dijadikan kuah.


Demikianlah artikel singkat mengenai 16 Khasiat Ikan Bawal Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel